ADMIN

SELAMAT DATANG DI BLOG KEPERAWATAN

Senin, 18 Oktober 2010

Sekilas Tentang Sejarah Keperawatan


Tanggal 12 mei adalah hari keperawatan dunia yang harus kita ketahui, sebagai p[erawat kita harus tahu jangan sampai hari keperawatan sedunia saja tidak tahu. Sejarah hari keperawatan dunia ini sendiri tak lepas dari peran Florence Nightingale beliaulah yang memperkenalkan dunia keperawatan kepada kita.

Florence Nightingale (Firenze, Italia, 12 Mei 1820 - 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern. Ia dikenali dengan nama The Lady With The Lampdalam bahasa Inggris yang berarti “Sang Wanita dengan Lampu”. Nama depannya, Florence merujuk kepada kota kelahirannya, Firenze dalam bahasa Italia atauFlorence dalam bahasa Inggris.

Florence dilahirkan dalam keluarga berada dan tumbuh sebagai wanita yang menawan dan periang yang mempunyai masa depan yang cerah. Bagaimanapun penderitaan yang dilihatnya semasa peperangan di semenanjungKrim, Rusia, menyebabkan hati Florence Nightingale tersentuh melihat penderitaan tentara yang luka dan dibiarkan saja dalam rumah sakit yang kotor.

Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Florence Nightingale memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti kepada keperluan pasien

Sebagaimana ditahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun instansi kesehatan di Belanda merayakannya. Di rumah sakit Bronovo misalnya, mereka merayakan hari keperawatan dengan menggelar foto-foto tentang “kehidupan” perawat di Rumah sakit sehari-hari. Juga di Rumah perawatan Nebo, merayakannya dengan makan siang bersama seluruh karyawan dan menggelar eksebisi kursi pijat “massage stoel”.

Mari kita berjuang bersama-sama untuk menentukan nasib keperawatan diIndonesia yang sampai sekarang Undang-undangnya belum disah kan. Hidup keperawatan Indonesia, kita pasti bisa jika kita bersatu bersama-sama dalam mendukung pengesahan RUU untuk keperawatan, menuju profesi yang lebih baik dan diperhitungkan. Ingat kita bukan pembantu kita bekerja indipenden dan sejajar dengan profesi yang lainnya, kita harus menghargai profesi kita dengan cara belajar agar kita punya ilmu yang bisa diandalkan.


0 komentar:

MOHON KUNJUNGI IKLAN DIBAWAH INI ( SATU KLIK DARI ANDA SANGAT BERARTI UNTUK KAMI)
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More